Penerapan Metode Quantum Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

Kamis, 09 Desember 2010

Pengertian Belajar dan Quantum Learning

Pengertian Belajar

Untuk memudahkan pemahaman mengenai belajar, maka diawali dengan mengemukakan definisi belajar. Belajar adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003 : 12). Belajar menurut Arthur T. Jersild (dalam Sagala, 2006 : 12) menyatakan yaitu perubahan atau membawa akibat perubahan tingkah laku dalam pendidikan karena pengalaman dan latihan atau karena mengalami latihan sedangkan menurut Gage 1984 (dalam Sagala, 2006 : 13) belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman.

Belajar menurut pandangan Skinner 1958 (dalam Sagala, 2006:14) adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif. Menurut pandangan Robert M. Gagne 1970 (dalam Sagala, 2006 : 15) belajar yaitu suatu proses yang kompleks atau perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia yang terjadi setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja.

Belajar sangat kompleks dari berbagai macam kegiatan seperti mendengar, mengingat, membaca, berdemonstrasi, berbuat sesuatu dengan menggunakan pengalaman, maka dapat dikatakan bahwa proses yang dihasilkan suatu perubahan individu yang belajar dalam bentuk tingkah laku disebut hasil belajar.

Belajar pada manusia merupakan suatu proses psikologi yang berlangsung dalam interaksi aktif subjek dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang bersifat konstan/menetapa. Oleh karena itu, dapat dikatakan terjadi proses belajar, apabila seorang menunjukkan tingkah laku yang berbeda.

Pengertian Quantum Learning

1) Quantum Learning didefinisikan sebagai interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Artinya semua kehidupan adalah energi. Rumus yang terkenal dalam fisik kuantum energi adalah hasil kali massa dengan kuadrat kecepatan cahaya yang dapat ditulis dalam bentuk persamaan E : Mc2. Tubuh kita secara fisik adalah materi. Jadi, sebagai siswa tujuan kita adalah meraih sebanyak mungkin cahaya : interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya (Reporter, 1999 : 16)

2) Pemercepatan belajar (accelerated learning) didefinisikan sebagai : “Memungkinkan siswa untuk belajar dengan pemercepatan yang mengesankan, dengan upaya yang normal dan dibarengi kegembiraan”. Cara ini menyatukan unsur-unsur yang secara sekilas tampak tidak mempunyai persamaan : hiburan, permainan, warna, cara berpikir positif, kebugaran fisik dan kesehatan emosional. Semua unsur ini bekerja untuk menghasilkan pengalaman belajar yang efektif (Reporter, 1999 : 14)

3) Quantum Learning adalah seperangkat metode atau falsafah belajar yang terbukti efektif untuk semua umur.

Metode Quantum Learning

Sejarah Metode Quantum Learning

Pembelajaran quantum dimulai di supercamp, sebuah program percepatan Quantum Learning yang ditawarkan learning forum yaitu sebuah perusahaan pendidikan internasional yang menekankan perkembangan keterampilan akademis, prestasi fisik, dan keterampilan dalam hidup. Quantum Learning berakar dari upaya Dr. Georgy Lozanov, seorang pendidik berkebanggaan Bulgaria yang bereksperimen tentang “Suggetology”. Prinsipnya adalah sugesti positif adalah mendudukkan murid secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, meningkatkan partisipasi individu. Menggunakan poster-poster untuk memberikan kesan sambil menonjolkan informasi. Selain itu, disediakan guru-guru yang terlatih baik dari segi pengajaran maupun lainnya, sehingga dengan cara ini diharapkan memberikan hasil belajar yang optimal dan akan meningkatkan prestasi (Reporter, 1999 : 14)

Metode Quantum Learning

Dalam dunia pendidikan dan pengajaran dewasa ini, pembelajaran quantum learning termasuk baru diterapkan dalam pembelajaran. Melalui cara ini siswa tidak hanya diajar banyak tentang teori dan praktek, tetapi mereka juga membangun rasa percaya diri, merasa berhasil dalam hidup mereka dan bergembira, yang semuanya dalam waktu yang bersamaan (Reporter, 1999 : 2)

Quantum learning mencakup aspek-aspek penting dalam program Neurolinguistik (NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana otak mengatur informasi. Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan perilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan jalinan pengertian antara siswa dan guru. Para pendidik dengan pengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif. Faktor penting untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif ini dapat pula menunjukkan dan menciptakan gaya belajar terbaik dari setiap orang, menciptakan “pegangan” dari saat-saat keberhasilan yang meyakinkan. Para pendidik mengetahui penggunaan bahasa yang positif untuk meningkatkan tindakan positif. Melalui metode ini, juga dapat menunjukkan gaya belajar terbaik dari setiap orang, sehingga siswa mampu mengoptimalkan cara belajarnya untuk menjadi pegangan mencapai keberhasilan.

Metode quantum learning ini mencoba memberikan siswa kebebasan berekspresi dalam belajar sesuai dengan tipe belajar masing-masing dan memasang musik latar untuk menciptakan suasana yang santai. Musik sangat penting untuk lingkungan quantum learning, karena sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi kondisi fisiologi kita. Selama melakukan pekerjaan mental yang berat, denyut nadi dan tekanan darah meningkat. Gelombang otak semakin cepat dan otot-otot menegang, sedangkan jika dengan musik yang tepat akan mempengaruhi denyut nadi dan tekanan darah menurun, gelombang otak melambat dan otot-otot relaks (Reporter, 1999 : 72).

Dari uraian di atas, maka dapat dipahami bahwa quantum learning merupakan suatu metode pembelajaran yang menyenangkan dengan berusaha mengombinasikan pekerjaan mental yang menekankan dengan fisiologi relaks, sehingga siswa merasa gembira dalam belajar yang nantinya melahirkan pelajar-pelajar yang istimewa.

Download Metode Quantum Learning Disini

Sumber:http://meetabied.wordpress.com

0 komentar: